BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada zaman ini permasalahan dalam bidang pendidikan terutama dalam mempelajari dasar dari sebuah bahasa pemograman semakin meningkat. Selain beberapa faktor yang umum termasuk salah satunya adalah proses pengajaran serta kurang variatifnya membuat sebagian besar para pelajar merasa jenuh. Sehingga hal ini berdampak kesulitan dalam menerima serta memahami apa yang telah mereka dapatkan dari pengajar, dan mengakibatkan kurangnya minat belajar pada mereka.
Mempelajari dasar dari bahasa pemograman merupakan hal yang penting. Karena jika sudah dapat dengan baik mengerti dari dasar pemograman tersebut, akan lebih mudah kelak untung mengembangkannya ke dalam pemograman yang lebih kompleks. Aplikasi ini dapat mempermudah para pelajar agar lebih mudah dalam mempelajari dasar bahasa pemograman.
Oleh karena permasalahan itu, maka penulis tertarik untuk membuat aplikasi tentang belajar dasar bahasa pemograman C++ dengan visualisasi dan audio, dengan menggunakan Adobe Flash CS3, karena software ini cukup interaktif, dan mudah untuk dimengerti, terutama dalam pembuatan animasi, selain itu software ini juga sesuai dengan aplikasi yang ingin di kerjakan oleh penulis.
1.2 Batasan Masalah
Penulis ingin menyajikan suatu aplikasi pendidikan untuk para pelajar yang ingin mempelajari dasar dari bahasa pemograman C++ dengan menggunakan Adobe Flash CS3.
1.3 Tujuan Penulisan
Penulisan ini untuk membuat aplikasi tentang mempelajari dasar dari bahasa pemograman C++ secara visual dan interaktif kepada para pelajar agar dapat membantu untuk lebih mudah dalam memahami dan mengerti mengenai dasar dari bahasa pemograman tersebut.
1.4 Metode Penulisan
Dalam menyusun penulisan ilmiah ini, penulis melakukan studi pustaka dengan mengumpulkan informasi dengan cara mengumpulkan data dari buku-buku Adobe Flash CS3, buku-buku mengenai bahasa pemograman C++ serta mencari di internet.
Setelah mengumpulkan data, penulis mencoba untuk membuat aplikasi yang menarik untuk para pelajar agar dapat mempunyai minat untuk mempelajari bahasa pemograman C++.
Melalukan uji coba dengan menawarkan user untuk melakukan percobaan dalam aplikasi yang dibuat oleh penulis. Melakukan implementasi setelah mendapatkan kritik dan saran dari user.
1.5 Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam melihat keterhubungan antara bab yang satu dengan yang lain, diperlukan sistematika penulisan yang berurutan secara garis besar. Adapun sistematika penulisan ilmiah ini disusun dalam 4 bab, yaitu sebagai berikut :
Bab 1 : Pendahuluan
Mengungkapkan latar belakang dan batasan masalah serta tujuan yang hendak dicapai dengan adanya penulisan ini.
Bab 2 : Landasan Teori
Penjelasan tentang perhitungan navigasi dan elemen-elemen yang mendukung dalam pembuatan penulisan ilmiah ini.
Bab 3 : Pembahasan Masalah
Bab ini menguraikan tentang navigasi, storyboard, rancangan input-output dan juga langkah-langkah pembuatan aplikasi.
Bab 4 : Penutup
Memberikan kesimpulan yang merupakan hasil pembahasan dari bab-bab sebelumnya dan disertai dengan saran. Tulisan ini juga berisi lampiran-lampiran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar