Jumat, 20 November 2009

KONFLIK YANG DISEBABKAN OLEH PERBEDAAN TUJUAN

TEMA : HUBUNGAN ANTARA KONFLIK DENGAN KEPUTUSAN DAN SOLUSI PADA SUATU ORGANISASI
JUDUL : KONFLIK YANG DISEBABKAN OLEH PERBEDAAN TUJUAN

Dalam sebuah organisasi tentunya terdiri dari berbagai macam bagian. Misalnya bagian penjualan, bagian pemasaran atau bagian keuangan. Sebagai contoh konflik pada kali ini adalah misalnya pada bagian penjualan ingin menambah jumlah atau volume penjualan dengan cara : memberikan kredit dengan bunga yang rendah, jangka waktu pembayaran tagihan yang lama, seleksi calon pembeli yang tidak terlalu ketat, memberikan potongan harga jika pembeli membayar lunas dan sebagainya.
Upaya ini mungkin saja dapat menambah volume penjualan sesuai keinginan, tetapi akan memakan biaya yang banyak dan menyebabkan tingginya piutang kepada pembeli. Hal ini dapat membuat bagian keuangan keberatan, karena akan mengeluarkan dana yang sangat besar. Karena tugas bagian keuangan adalah memperkecil pengeluaran organisasi agar dapat meraup keuntungan yang besar. Konflik ini dapat menghambat kemajuan organisasi tersebut.
Konflik ini mungkin dapat diselesaikan dengan berkompromi bersama mencari solusi dan keputusan yang terbaik untuk organisasi. Keputusan yang harus diambil adalah tetap melaksanakan apa yang diinginkan dengan tetap memperhatikan atau mempertimbangkan dari segi keuangannya. Solusinya, jika pembeli membeli dengan kredit maka kita akan mendapatkan keuntungan dari bunganya, bunga tersebut dapat digunakan untuk menutup potongan harga jika pembeli membeli secara tunai.

REFERENSI :
De Cenzo and Robins. 1999. Human Resource Management. New York : John Wiley & Sons, Inc.
Garry Dessler. 1989. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid 2, Jakarta : PT. Prehelinso
Hadi Peorwono. 1984. Tata Personalia. Jakarta : Djambatan
Hani Handoko. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya manusia. Yogyakarta : BPFE

Tidak ada komentar: