Jumat, 20 November 2009

KONFLIK KARENA SALING KETERGANTUNGAN DALAM MENJALANKAN PEKERJAAN

TEMA : HUBUNGAN ANTARA KONFLIK DENGAN KEPUTUSAN DAN SOLUSI PADA SUATU ORGANISASI
JUDUL : KONFLIK KARENA SALING KETERGANTUNGAN DALAM MENJALANKAN PEKERJAAN

Bagian-bagian dalam sebuah organisasi tentunya saling terkait atau terintegrasi. Semuanya saling bergantung satu sama lain. Akibatnya jika salah satu bagian melakukan kesalaha pasti akan merugikan bagian yang lainnya. Jadi harus ada kerja sama yang baik antara semua bagian.
Sebagi contoh konflik kali ini, bagian akademik dalam sebuah universitas bertugas mengatur semua jadwal kuliah dan ujian mahasiswa. Bagian akademik telah selesai menjadwal jadwal ujian tengah semester untuk semester ganjil (PTA). Jadwal tersebut telah diberikan kepada bagian tata usaha. Tetapi bagian tata usaha lalai dalam menjalankan tugasnya, tata usaha telat mendistribusikan jadwal ujian kepada para dosen pengawas. Hal ini mengakibatkan terganggunya pelaksanaan ujian dikarenakan banyak dosen pengawas yang tidak mengetahui dimana tempat mereka mengawas. Ini merugikan pengawas dan mahasiswa yang ada.
Perlu diberi teguran kepada bagian tata usaha agar bisa menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Dan bagian tata usaha harus menyadari kesalahannya dan bias memperbaiki kesalahan yang telah dilaukan agar tidak terulang kembali.

REFERENSI :
Hadi Peorwono. 1984. Tata Personalia. Jakarta : Djambatan
Hani Handoko. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya manusia. Yogyakarta : BPFE
Heidjrachman R & Suad Husnan. 2002. Manajamen Personalia, Yogyakarta : BPFE
Jeffrey, dkk. 2002. Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Amara Books John Soeprihanto. 1987. Manajemen Personalia. Yogyakarta : BPFE
Manullang. 1987. Management Personalia. Jakarta : Aksara Baru
Nitisemito, Alex S,. 1996. Manajemen Personalia. Jakarta : Ghalia Indonesia
Werther, W.B. Jr & Davis, K. 1996. Human Resource and Personel Management. USA: Mc Graw-Hill, Inc.
William P. Anthony, Pamela L. Perrewe, 1996, Strategic Human Resouce Management, The Dryden Press

Tidak ada komentar: