Senin, 28 Desember 2009

KOMPONEN UTAMA DI LAPTOP YANG WAJIB DIPERHATIKAN

::PROCESSOR
Processor adalah otak utama dari sebuah komputer.Oleh karena itu processor adalah hal pertama yang wajib untuk diperhatikan. Processor diukur dalam GHz, misalnya 1,8 GHz. Angka ini menentukan kecepatan processor itu menangani instruksi dalam cycle per second. Selain kecepatan, jumlah core processor juga menjadi hal yang penting. Core adalah inti dari processor. Jadi bila processor yang anda punya memiliki dua core, maka secara teori itu sama dengan seperti menggunakan dua buah processor dalam satu komputer.

::MEMORY
Sebaiknya dalam memilih laptop atau notebook setidaknya memiliki memory berkapasitas 1 GB. Karena jika sistem mengalami kekurangan memory, ia akan memanfaatkan harddisk sebagai pengganti memory. Dan buruknya itu dapat mempengaruhi kinerja dari komputer tersebut. Intinya semakin banyak memory yang dimiliki, maka semakin baik.

::HARDDISK
Untuk saat ini ada dua macam penyimpanan yaitu, harddisk dan SSD (Solid State Drive). SSD lebih unggul dalam hal performanya, karena SSD lebih cepat, sunyi, dan konsumsi dayanya lebih rendah daripada harddisk yang sering kita pakai. Akan tetapi SSd masih sangat mahal. Maka dari itu, laptop yang ada sekarang ini umumnya masih menggunakan harddisk. Carilah harddisk yang berkapasitas besar. Tapi jika tidak besar pun tidak akan menjadi masalah, karena banyak harddisk portabel berkapasitas besar yang bisa dijadikan tempat penyimpanan cadangan. Selain itu harddisk dapat diupgrade di kemudian hari.

::VIDEO CARD
Ada dua macam video card yaitu, integrated dan dedicated. Video card integrated adalah video card yang memory-nya memanfaatkan memory utama (RAM). Sedangkan video card dedicated menggunakan memory sendiri, maka performa dedicated lebih bagus. dedicated sangat cocok untuk penggila game.

info :
PC Mild Edisi 08/2009 16-29 April 2009

Tidak ada komentar: