Sabtu, 26 Desember 2009

konflik Lini dan staff

Tema : Keburukan Struktur Organisasi garis/staff dan fungsional pada suatu institusi pendidikan.
Judul : konflik Lini dan staff

Konflik Lini dan staff adalah konflik yang terjadi antara pimpinan unit dengan staffnya terutama staff yang berhubungan dengan wewenang kerja.
Faktor-faktor yang dapat menimbulkan berbagai konflik diantara orang-orang lini dan staff sebagai berikut :
1. perbedaan umur dan pendidikan.
orang-orang staff biasanya berumur lebih muda dan berpendidikan lebih daripada orang-orang staff, hal ini menyebabkan terjadinya "generation gap " lini.

2. perbedaan tugas.
Orang lini lebih teknis dan generalis, sedangkan orang staff lebih spesialis, sehingga menimbulkan :
a. Karena staff sangat spesialis, mungkin menggunakan istilah-istilah dan bahasa yang tidak dapat dipahami oleh orang lini.
b. Orang lini mungkin merasa bahwa staff spesialis tidak sepenuhnya mengerti masalah-masalah lini dan menganggap mereka tidak dapat mengerjakannya.

3. perbedaan sikap.
a. orang staff cenderung bersikap memperluas wewenangnya dan memberikan perintah-perintah kepada orang lini untuk membuktikan keeksistensiannya.
b. orang staff cenderung merasa yang paling berjasa untuk gagasan-gagasan yang diimplementasikan oleh orang lini, dan sebaliknya orang lini mungkin tidak menghargai peranan orang staff dalam membantu memecahkan masalah yang ada.
c. orang staff selalu merasa dibawah perintah orang lini, sedangkan dilain pihak orang lini selalu curiga bahwa orang staff ingin memeperluas kekuasaannya.

4. Perbedaan posisi.
Manajemen puncak mungkin tidak mengkomunikasikan secara jelas luasnya wewenang staff dalam hubungannya dengan lini. Padahal orang departemen staff ditempatkan relatif pada posisi tinggi dekat manajemen puncak. Departemen lini dengan tingkatan lebih rendah cenderung tidak suka dengan hal tersebut.


REFERENSI :
sdm.blogpot.com
makalahdanskripsi.blogspot.com
www.bny.web.id/media.php

Tidak ada komentar: